Percabangan (if, else, switch)
1. Pengertian Percabangan
Percabangan adalah struktur kontrol dalam pemrograman yang digunakan untuk membuat keputusan berdasarkan suatu kondisi. Program akan mengeksekusi bagian kode tertentu jika kondisi terpenuhi (benar), dan bisa melewati atau menjalankan bagian lain jika tidak terpenuhi (salah).
Percabangan sangat penting untuk membuat program yang dinamis, fleksibel, dan mampu menangani berbagai situasi.
2. Percabangan if
a. Bentuk Umum:
if (kondisi) {
// kode yang dijalankan jika kondisi benar
}
b. Contoh:
int nilai = 80;
if (nilai >= 75) {
printf("Lulus\n");
}
Jika nilai lebih dari atau sama dengan 75, maka akan muncul output Lulus.
3. Percabangan if - else
a. Bentuk Umum:
if (kondisi) {
// kode jika kondisi benar
} else {
// kode jika kondisi salah
}
b. Contoh:
int nilai = 60;
if (nilai >= 75) {
printf("Lulus\n");
} else {
printf("Tidak Lulus\n");
}
Jika nilai kurang dari 75, maka output-nya Tidak Lulus.
4. Percabangan if - else if - else
a. Bentuk Umum:
if (kondisi1) {
// aksi jika kondisi1 benar
} else if (kondisi2) {
// aksi jika kondisi2 benar
} else {
// aksi jika semua kondisi salah
}
b. Contoh:
int nilai = 85;
if (nilai >= 90) {
printf("Nilai A\n");
} else if (nilai >= 80) {
printf("Nilai B\n");
} else if (nilai >= 70) {
printf("Nilai C\n");
} else {
printf("Nilai D\n");
}
Program akan mengevaluasi kondisi dari atas ke bawah dan mengeksekusi hanya satu blok yang pertama kali bernilai benar.
5. Percabangan switch
a. Pengertian
switch digunakan untuk membandingkan satu variabel terhadap banyak kemungkinan nilai. Cocok digunakan ketika banyak pilihan kondisi yang setara.
b. Bentuk Umum:
switch (ekspresi) {
case nilai1:
// kode
break;
case nilai2:
// kode
break;
...
default:
// kode jika tidak ada yang cocok
}
c. Contoh:
int pilihan = 2;
switch (pilihan) {
case 1:
printf("Menu 1 dipilih\n");
break;
case 2:
printf("Menu 2 dipilih\n");
break;
case 3:
printf("Menu 3 dipilih\n");
break;
default:
printf("Menu tidak tersedia\n");
}
Catatan:
-
Gunakan
breakuntuk mencegah jatuh ke kasus berikutnya (fall-through). -
switchhanya bisa digunakan untuk tipe data integer, char, atau enumeration (tidak bisa untuk ekspresi boolean kompleks).
6. Perbandingan if vs switch
| Aspek | if / else if |
switch |
|---|---|---|
| Tipe kondisi | Ekspresi logika kompleks | Nilai tetap (diskrit) |
| Fleksibilitas | Sangat fleksibel | Terbatas |
| Kode lebih rapi | Kurang rapi jika banyak kondisi | Lebih rapi untuk banyak case |
7. Kesimpulan
Percabangan adalah salah satu dasar dari logika pemrograman. Pemahaman tentang if, else, dan switch sangat penting agar program dapat membuat keputusan berdasarkan data atau input pengguna. Pilih struktur percabangan yang tepat sesuai kebutuhan program untuk hasil yang efisien dan mudah dipahami.
0 Komentar